Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Merawat Sepatu Berbahan Suede



Bahan kulit suede merupakan bahan kulit yang apabila dibalik atau disamak pada bagian dalamnya, sekilas terlihat seperti beludru. Hal ini membuat sepatu berbahan suede memerlukan perawatan yang khusus, sama seperti sepatu berbahan kulit pada umumnya. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sepatu suede anda tetap awet.

Pertama, gunakanlah suede protector untuk mempertahankan sepatu anda dari debu dan kotoran.  Suede protector yang berbentuk seperti cairan disemprotkan pada sepatu secara merata. Cairan ini banyak dijual di tempat khusus penjualan sepatu pada pusat perbelanjaan.

Jika sepatu suede anda terlanjur kotor, karet penghapus bisa digunakan untuk menghilangkan noda atau debu yang menempel. Gosoklah secara merata dan searah, tetapi jangan terlalu keras menekannya. Hal ini dilakukan agar lapisan suede dan sol sepatu anda tidak rusak dan mengelupas.

Jika waktu anda cukup senggang, cobalah untuk menyikatnya. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda yang menempel seperti cipratan lumpur, pilihlah sikat gigi yang memiliki sikat lembut. Basahkan sikat gigi dengan sedikit air dan gosokkan searah pada noda yang menempel. Keringkan segera sepatu dengan kipas angin, jangan sekali-kali menjemur bahan suede di bawah sinar matahari.

Bila noda pada bahan suede sangat membandel dan tidak bisa dihilangkan dengan cara-cara diatas, gunakanlah Suede Cleanser. Semprotkan suede cleanser pada noda kemudian sikatlah bagian yang disemprot.

Untuk menjaga bentuk dan kelembabannya, apabila tidak digunakan untuk waktu yang lama, masukkan sepatu ke dalam kotak dan beri koran agar sepatu tetap terjaga bentuknya. Selain itu, anda dapat memasukkan silica gel atau kamper pada kotak sepatu agar kelembabannya terjaga dan mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar