Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Menyalurkan Ide Melalui Komunikasi

Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.

Dalam menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi.
a.       IDE (gagasan)
Pengirim atau sender.
b.      PERUMUSAN
Ide si Pengirim disampaikan dalam kata-kata.
c.       PENYALURAN (transmitting)
Disampaikan melalui lisan, tertulis, mempergunakan symbol, atau isyarat.
d.      TINDAKAN
Perintah-perintah dalam organisasi yang dilaksanakan.
e.       PENGERTIAN
Kata-kata si Pengirim yang ada dalam perumusan tadi menjadi ide si Penerima.
f.       PENERIMAAN
Penerimaan ini diterima oleh si penerima berita (penangkap berita).

Pengambilan keputusan juga sangat memerlukan komunikasi yang setepat-tepatnya, karena dalam akhir dari pengambilan keputusan tersebut hendaknya juga merupakan pencerminan dari adanya koordinasi dan kerjasama yang tercipta dalam lingkungan perusahaan atau lingkungan organisasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar