Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Korelasi Antara Bahasa Indonesia Dan Sistem Informasi

Tanpa adanya bahasa kita mungkin tidak dapat berkomunikasi, maka bahasa adalah hal yang paling penting untuk berkomunikasi di Bangsa Indonesia ini. Dan banyak sekali berbagai macam bahasa yang beraneka ragam. Begitu juga bahasa dalam sistem informasi yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan sistem.
 
  • Bahasa 
Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa adalah cara komunikasi yang lebih kompleks dibandingkan cara berkomunikasi yang lain seperti lewat lukisan, asap, dll. Arti bahasa merupakan symbol karena rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia harus diberikan makna tertentu pula.


Konsep-konsep dan teknologi (iptek) secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai  dengan perkembangan dan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi itu.

Menurut sunaryo tanpa adanya bahasa, iptek tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, bahasa juga berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek.


  • Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
  
  • Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

  • Sistem Informasi
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

  • Korelasi antara Bahasa Indonesia dan Sistem Informasi
Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan jika bahasa  berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek, tanpa adanya bahasa iptek tidak akan berkembang. Dan system Informasi adalah interaksi antara individu, proses algoritma, dan teknologi semua itu dihubungkan oleh bahasa. Tanpa adanya bahasa kita tidak dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan individu lain dan tidak dapat menyampaikan proses algoritma ke individu lain.

Sumber :
                                                            

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar