Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas Pengantar Telematika 1

1.   Jelaskan pengertian / definisi dari Telematika secara umum?
      Jawaban :
Kata Telematika, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis yakni Telematique yang merujuk pada bertemunya sistem Jaringan Komunikasi dengan Teknologi Informasi. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah Sistem Informasi.

Para praktisi Teknologi Informasi menyatakan bahwa Telematics adalah singkatan dari Telecomunication and Informatics sebagai wujud dari perpaduan antara konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai The New Hybrid Technology yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.


2.    Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk Telematika?
           Jawaban :

            Media yang digunakan di dalam telematika terdapat 3 bagian utama, yaitu :
·    Hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengirim dan penerima data. Hardware yang digunakan pada telematika antara lain: handphone dan perangkat komputer.
·      Software atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah data dan menjadikannya sebagai sebuah informasi, contoh dari perangkat lunak ini antara lain : social media, video conference dan game.
·      Satelit digunakan sebagai sarana penerima sinyal yang dipancarkan ke arahnya dari Bumi, dan mengirimkannya kepada media lain.

3.    Jelaskan perkembangan sebelum dan sesudah internet muncul!
           Jawaban :

Perkembangan Telematika di Indonesia mengalami 2 utama yakni tahapan sebelum dan sesudah internet muncul, tahapan utama tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

a.       Perkembangan Telematika di Indonesia sebelum internet muncul
1.      Periode Rintisan (berlangsung pada akhir tahun 1970an – akhir tahun 1980an).
Pada periode rintisan ini penggunaan telematika sangat terbatas. Pada periode ini, masa dimana beberapa orang Indonesia belajar menggunakan telematika atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an teleconference terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara Presiden Soeharto di Jakarta dengan para petani di luar Jakarta, bahkan di luar pulau Jawa.

2.      Periode Pengenalan (berlangsung tahun 1980an).
Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. Hal ini juga merupakan efek dari kreativitas anak muda ketika itu, setelah dipinggirkan dari panggung politik, yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang.

b.      Perkembangan Telematika di Indonesia setelah internet muncul.
Perkembangan telematika di tahun 2011 ini semakin pesat dikarenakan SDM manusia yang terus meningkat serta pengetahuan akan teknologi manusia dalam menciptakan teknologi. Seiring berkembangnya zaman manusia terus menciptakan berbagai teknologi untuk membuat sesuatu yang luar biasa atau canggih, seperti Robot. Manusia terus menciptakan kreasi unik yang mampu robot lakukan, sekarangpun robot udah bisa seperti manusia.
Karena kebutuhan manusia yang tidak pernah habis-habisnya sehingga manusia terus belajar untuk menciptakan apa yang dia inginkan khususnya dalam bidang telematika. Khususnya di Indonesia perkembngan telematika pun semakin cepat dan pesat dikarenakan Internet sudah merambah luas ke daerah pelosok nusantara sehingga manusia bisa menggunakan internet itu dengan baik.

3        periode perkembangan telematika:
-          Periode Rintisan
Aneksasi Indonesia terhadap Timor Portugis, peristiwa Malari, Pemilu tahun 1977, pengaruh Revolusi Iran, dan ekonomi yang baru ditata pada awal pemerintahan Orde Baru, melahirkan akhir tahun 1970-an penuh dengan pembicaraan politik serta himpitan ekonomi. Sementara itu sejarah telematika mulai ditegaskan dengan digariskannya arti telematika pada tahun 1978 oleh warga Perancis. Mulai tahun 1970-an inilah, Toffler menyebutnya sebagai zaman informasi. Namun demikian, dengan perhatian yang minim dan pasokan listrik yang terbatas, Indonesia tidak cukup mengindahkan perkembangan dari telematika.

-          Periode Pengenalan
Periode satu dasawarsa ini, tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat pun sudah banyak mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu, setelah dipinggirkan dari panggung politik, yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang.
-          Periode Aplikasi
Reformasi yang banyak disalahartikan, melahirkan gejala yang serba bebas, seakan tanpa adanya aturan-aturan. Pembajakan software, menjamurnya handphone ilegal, perkembangan teknologi komputer, internet, dan alat komunikasi lainnya yang sangat pesat, dapat dengan mudah diperoleh, bahkan dipinggir jalan atau kios-kios kecil. Tentunya, dengan harga yang jauh lebih murah.
Keterjangkauan secara financial yang ditawarkan, dan gairah dunia digital di era millenium ini, bukan hanya mampu memperkenalkannya kepada masyarakat luas, akan tetapi juga mulai dilaksanakan dan diaplikasikan. Pada pihak lain, semua itu dapat berlangsung lancar, dengan tersedianya sarana transportasi, kota-kota yang saling terhubung, dan industri telematika dalam negeri yang terus berkembang.

Sumber :
https://milayuliani.wordpress.com/tag/pengantar-telematika/
http://andreaniayupuspaningtyas.blogspot.com/2014/10/jelaskan-perkembangan-telematika.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar