Minggu, 25 November 2012

Proses Mempengaruhi Dan Pengambilan Keputusan Pada Organisasi

Dalam sebuah organisasi, sebuah keputusan di ambil dengan tujuan memperlancar jalannya organisasi tersebut.

Berdasarkan sifat dan tujuannya, keputusan-keputusan yang diambil dapat diilustrasikan sebagai berikut:
1.      Top Management, atau Pimpinan atas mengambil keputusan-keputusan yang bersifat Strategy atau Policy umum yang disertai dengan penerbitan peraturan-peraturan umum dan instruksi-instruksi pimpinan.

2.      Pimpinan menengah (Middle Management) melaksanakan keputusan-keputusan yang telah diambil oleh atasan dengan mengambil keputusan-keputusan yang bersifat structural (organisasional). Keputusan-keputusan yang diambil oleh Pimpinan Menengah ini antara lain mengenai tugas pokok (mission) organisasi dan keputusan-keputusan fungsionil, yakni mengenai masalah-masalah teknis yang menyangkut mutu atau efektivitas.

3.      Sedangkan pimpinan bawah (Lower Management) mengambil keputusan-keputusan yang bersifat operasional, yakni penyelenggaraan secara langsung, baik yang bersifat rutin maupun tidak, dan yang diprogramkan maupun tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar