Dalam sebuah organisasi, sebuah keputusan di ambil
dengan tujuan memperlancar jalannya organisasi tersebut.
Berdasarkan sifat dan tujuannya, keputusan-keputusan
yang diambil dapat diilustrasikan sebagai berikut:
1. Top Management, atau Pimpinan atas mengambil
keputusan-keputusan yang bersifat Strategy atau Policy umum yang
disertai dengan penerbitan peraturan-peraturan umum dan instruksi-instruksi
pimpinan.
2. Pimpinan menengah (Middle Management) melaksanakan
keputusan-keputusan yang telah diambil oleh atasan dengan mengambil
keputusan-keputusan yang bersifat structural (organisasional).
Keputusan-keputusan yang diambil oleh Pimpinan Menengah ini antara lain
mengenai tugas pokok (mission) organisasi dan keputusan-keputusan fungsionil,
yakni mengenai masalah-masalah teknis yang menyangkut mutu atau efektivitas.
3. Sedangkan pimpinan bawah (Lower Management) mengambil
keputusan-keputusan yang bersifat operasional, yakni penyelenggaraan secara
langsung, baik yang bersifat rutin maupun tidak, dan yang diprogramkan maupun
tidak.
0 komentar:
Posting Komentar